Jumat, 27 Januari 2017

Ekor Pesawat yang Tewaskan WNI Endah Diangkat dari Sungai Perth


Ekor pesawat yang terjun ke Sungai Swan di Perth, Australia saat perayaan Australia Day (26/1/2017), dan menewaskan dua orang, telah diangkat keluar dari sungai. Pengangkatan bagian pesawat ini sebagai bagian dari proses penyelidikan atas penyebab kecelakaan tragis tersebut.

Ekor pesawat tersebut diangkat dari air dan ditempatkan di tongkang pada hari Jumat (27/1/2017) sore, atau 24 jam setelah eksekutif pertambangan -Peter Lynch -dan pasangannya -Endah Cakrawati -tewas akibat jatuhnya pesawat itu.

Insiden tragis yang menimpa mereka disaksikan oleh ribuan penonton yang berkumpul di tepi sungai dan di kapal yang tertambat di dekatnya, untuk menonton pertunjukan udara dan kembang api 'Perth Skyworks'.

Otoritas setempat mengatakan, operasi untuk mengangkat reruntuhan pesawat amfibi itu diharapkan akan selesai pada hari Sabtu (28/1/2017).

Investigasi atas penyebab kecelakaan pesawat bisa memakan waktu setahun.

Misteri seputar penyebab kecelakaan itu telah membuat pakar penerbangan bertanya-tanya.

Biro Keselamatan Transportasi dan Penerbangan Australia (ATSB) membentuk sebuah investigasi atas apa yang terjadi, tetapi mengindikasikan bahwa penyelidikannya bisa memakan satu tahun. Hal ini berpotensi menimbulkan ketidakpastian terhadap masa depan pertunjukan udara tersebut.

Sementara itu, Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil (CASA) mengungkapkan, pihaknya biasanya tak menyetujui pertunjukan udara di atas acara publik atau perahu di atas air, dan memberikan persetujuan khusus kepada pertunjukan tersebut.

"Berdasarkan peraturan, kecuali selama lepas landas dan pendaratan, atau di lokasi yang secara khusus disetujui sebagai bagian dari program acara, ketinggian minimum untuk pesawat apapun beroperasi adalah 500 kaki di atas permukaan tanah," kata juru bicara CASA dalam sebuah pernyataan.

"Pertunjukan udara di atas pemukiman pinggiran kota, acara publik dan kapal di atas air biasanya tak disetujui," sebut juru bicara CASA.

"Aturan-aturan ini menjamin keselamatan publik dan mereka yang terlibat dalam aksi terbang," imbuhnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Kota Perth dan diatur oleh CASA, yang harus menyetujui semua pesawat dan pilot yang berpartisipasi.

Penumpang tak diizinkan untuk berada di dalam pesawat, meski setiap pilot diperbolehkan untuk membawa seorang pengamat.

Pertunjukan Terbang Perth Pesawat amfibi ini jatuh ke air di hadapan ribuan warga yang hendak melihat pertunjukan kembang api.

Sumber : http://bit.ly/2jfhI5j

Related Posts

Ekor Pesawat yang Tewaskan WNI Endah Diangkat dari Sungai Perth
4/ 5
Oleh