Minggu, 05 Februari 2017

Medan Magnet Bumi Berbalik, Kiamat?

Sifat medan magnet mirip perisai tak terlihat. Medan magnet melindungi kehidupan di Bumi reruntuhan kosmik dan menjauhkan partikel angkasa berkekuatan bom nuklir.


Tapi, jika terjadi pembalikan posisi medan magnet, maka akan terjadi menghancurkan Bumi dan seluruh kehidupan di dalamnya. Sebab, seperti diketahui, satelit dan tenaga listrik hingga gelombang laut hingga pola migrasi binatang, semuanya tergantung pada stabilitas medan magnet di kedua kutub Bumi.

Dilansir Dailystar.co.uk, para ilmuwan dari Universitas Leeds, Dr Phil Livermore dan Dr Jon Mound, memperingatkan masyarakat mengenai pembalikan medan magnet Bumi.

" Perubahan medan magnet selama pembalikan akan melemahkan efek perisai yang memungkinkan radiasi tingkat tinggi pada dan di atas permukaan Bumi," tulis mereka di The Conversation, sebuah situs akademik nirlaba.

" Entah kapan terjadi, tapi peningkatan partikel angkasa yang mencapai Bumi akan meningkatkan risiko pada satelit, dunia penerbangan, dan infrastruktur listrik berbasis darat," tambah mereka.

Terakhir kali pembalikan penuh medan magnet terjadi pada 780.000 tahun yang lalu. Sementara pembalikan medan magnet sementara pernah terjadi pada 41.000 tahun yang lalu.

Dampak bagi Kehidupan Bumi

Pada tahun 2003, Swedia dilanda bencana yang disebut Badai Halloween yang menyebabkan pemadaman listrik dan komunikasi di seluruh negeri. Mereka mengatakan jika konsekuensi seperti ini terjadi di seluruh dunia, maka dapat mengakibatkan kekacauan yang luar biasa.

" Tentu saja pemadaman listrik, pemanas, AC, GPS atau internet akan berdampak besar; pemadaman yang meluas bisa mengakibatkan gangguan ekonomi dengan tingkat kerugian puluhan miliardolar AS per hari," ujar mereka menambahkan.

" Dalam kaitannya dengan kehidupan di Bumi dan dampak langsung dari pembalikan terhadap spesies manusia, kita tidak bisa secara definitif memprediksi apa yang akan terjadi karena manusia modern sudah belum ada pada saat pembalikan penuh terakhir terjadi."

Tapi mereka menambahkan studi sebelumnya telah melaporkan keterkaitan pembalikan masa lalu dengan kepunahan massal, yang berarti kehidupan di Bumi di zaman sekarang maupun masa depan juga bisa hilang.

Sumber : https://goo.gl/6SvHqh

Related Posts

Medan Magnet Bumi Berbalik, Kiamat?
4/ 5
Oleh